Berita - Jabatan Fungsional Penerjemah :: Sekretariat Kabinet RI

Penutupan Diklat Teknis Penerjemahan Naskah Hukum Pemerintahan

Oleh : Syarif Hidayatullah, S.S., MALLC. • 2016-11-06 13:54:25

Diklat Teknis Penerjemahan Naskah Hukum Pemerintahan resmi ditutup

Sekretariat Kabinet, selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah, telah berhasil menyelenggarakan Diklat Teknis Penerjemahan Naskah Hukum Pemerintahan selama hampir 2 minggu di Jakarta. Setelah dibuka oleh Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet pada tanggal 24 Oktober 2016, maka Diklat Teknis ditutup secara resmi oleh Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan pada tanggal 4 November 2016.

Diklat Teknis telah diikuti oleh 30 orang Pejabat Fungsional Penerjemah dari 14 daerah di Indonesia, mulai dari Provinsi Sumatera Selatan hingga Provinsi Papua. Mereka berasal baik dari instansi pemerintah pusat maupun dari instansi pemerintah daerah. Selama Diklat Teknis, para peserta mengikuti proses pembelajaran dan tinggal di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Sekretariat Negara di Cilandak, Jakarta Selatan.

Diklat Teknis yang menyajikan teori dan praktik penerjemahan naskah hukum nasional dan internasional ini menghasilkan 3 peserta terbaik, yaitu Sdr. Irma Yulianti (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Sdr. Fathi Mustaqim (Kementerian Sekretariat Negara), dan Sdr. Muhardi (Sekretariat Kabinet). Setelah mengikuti Diklat Teknis ini, peserta diharapkan dapat melaksanakan penerjemahan naskah hukum dengan lebih baik lagi sehingga dapat lebih berdaya guna bagi instansi masing-masing.

Dalam sambutan penutupan, Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan menyampaikan penghargaan tinggi kepada para pengajar yang sangat berkompeten di bidang hukum dan penerjemahan naskah hukum. Mereka terdiri dari 12 pakar/praktisi termasuk 3 penutur jati (native speaker), yang berasal dari pemerintah dan sektor swasta, yaitu dari Kementerian Luar Negeri; Politeknik Negeri Malang; Makarim & Taira S., Counsellors at Law; Dyah Ersita & Partners; dan Himpunan Penerjemah Indonesia.

Sejak menjadi Instansi Pembina, Sekretariat Kabinet telah menyelenggarakan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi Pejabat Fungsional Penerjemah, seperti diklat teknis dan bimbingan teknis. Pada akhir bulan November 2016, Sekretariat Kabinet kembali akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis/Bimtek Penerjemahan Lisan, sebagai tahap lanjutan dari Bimtek serupa yang diselenggarakan di Surabaya dan Bogor pada tahun 2015.

Melalui berbagai upaya peningkatan kompetensi ini, Sekretariat Kabinet mengharapkan dapat membantu menyiapkan para Pejabat Fungsional Penerjemah untuk menghadapi tantangan penerjemahan pada instansi pemerintah pusat dan daerah dalam menyongsong era Masyarakat Ekonomi ASEAN mulai tahun 2016 ini.

Siapa Penerjemah

Penerjemah adalah PNS yang diberikan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan penerjemahan tulis maupun lisan, penyusunan naskah bahan penerjemahan, serta pengalihaksaraan dan penerjemahan teks naskah kuno/arsip kuno/prasasti dalam lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.

Instansi Pembina

Jabatan Fungsional Penerjemah

Asisten Deputi Naskah dan Terjemahan
Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet
Sekretariat Kabinet
Republik Indonesia

Alamat : Gedung 3 Lantai Basement
Jl. Veteran No. 18 Jakarta Pusat 10110
CP : Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah:
Conakry Marsono
Indriawaty
Syarif Hidayatullah
Nurmeilawati, S.S., M.M.
Telephone : +6221-3864816
FAX : +6221-3864816
E-mail : jf_penerjemah@setkab.go.id