Asdep Naster Hadiri Pembukaan Kongres XII HPI

Oleh : Syarif Hidayatullah, S.S., MALLC. • 2017-01-04 10:08:50

Asdep Naster Hadiri Pembukaan Kongres XII HPI

Himpunan Penerjemah Indonesia merupakan organisasi profesi bagi penerjemah dan juru bahasa yang didirikan pada tahun 1974. Pada Sabtu, 17 Desember 2016, Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan, Sekretariat Kabinet R.I., Eko Harnowo, telah menghadiri acara pembukaan Kongres XII Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI).

Dalam acara pembukaan, telah disampaikan sambutan dari Kepala Seksi Advokat Asing dan Penterjemah Tersumpah, Kementerian Hukum dan HAM, Nyimas Lita Aprianty, S.H., M.H.; Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan, Sekretariat Kabinet R.I.; Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Dadan Sunendar, M.Hum.; dan Ketua HPI, Hananto Sudharto.

Kepala Seksi Advokat Asing dan Penterjemah Tersumpah, Kementerian Hukum dan HAM menyampaikan informasi mengenai pengaturan bagi penerjemah bersumpah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 29 Tahun 2016.

Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan menyampaikan harapan kiranya semua pemangku kepentingan - seperti pemerintah, organisasi profesi, dan dunia akademik - dapat saling melengkapi dalam membangun dunia penerjemahan yang dapat mendukung Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Diharapkan pula kiranya jasa penerjemahan di Indonesia, termasuk HPI, dapat memanfaatkan peluang berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN mulai tahun 2016 untuk “go ASEAN” dan “go international”.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyampaikan perlunya mengangkat derajat Bahasa Indonesia di tingkat nasional dan internasional. Untuk itu, HPI dapat turut mendukung. Disampaikan pula diperlukan penerjemahan dalam dua arah bahasa untuk naskah sastra, sains, dan dokumen negara guna menyerap ilmu dari luar negeri dan memproyeksikan karya Indonesia ke dunia internasional.

Sedang Ketua HPI menyampaikan perlunya membina hubungan yang lebih erat dengan Badan Bahasa, Sekretariat Kabinet, Kementerian Hukum dan HAM, serta instansi terkait lainnya. Kongres ini diharapkan dapat menjadikan HPI yang lebih andal, profesional, dan berdaya saing.

Kongres XII HPI dihadiri 175 anggota penuh dan kemudian berhasil memilih Hananto Sudharto sebagai Ketua HPI untuk masa bakti 2017-2019. 

Siapa Penerjemah

Penerjemah adalah PNS yang diberikan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan penerjemahan tulis maupun lisan, penyusunan naskah bahan penerjemahan, serta pengalihaksaraan dan penerjemahan teks naskah kuno/arsip kuno/prasasti dalam lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.

Instansi Pembina

Jabatan Fungsional Penerjemah

Asisten Deputi Naskah dan Terjemahan
Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet
Sekretariat Kabinet
Republik Indonesia

Alamat : Gedung 3 Lantai Basement
Jl. Veteran No. 18 Jakarta Pusat 10110
CP : Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah:
Conakry Marsono
Indriawaty
Syarif Hidayatullah
Nurmeilawati, S.S., M.M.
Telephone : +6221-3864816
FAX : +6221-3864816
E-mail : jf_penerjemah@setkab.go.id