Bimbingan Teknis Kemahiran Berbahasa Inggris resmi ditutup

Oleh : Syarif Hidayatullah, S.S., MALLC. • 2017-05-24 07:14:15

Bimbingan Teknis Kemahiran Berbahasa Inggris resmi ditutup

Sekretariat Kabinet, selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah, telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengembangan Karier Pejabat Fungsional Penerjemah, dengan topik “Persiapan Uji Kompetensi Penerjemah: Kemahiran Berbahasa Inggris” mulai tanggal 22 sampai dengan tanggal 24 Mei 2017 di Bandung.

Setelah dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan, atas nama Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet, pada tanggal 22 Mei 2017, maka Bimbingan Teknis ditutup secara resmi oleh Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan pada tanggal 24 Mei 2017. Bimbingan Teknis telah diikuti oleh 50 orang Pejabat Fungsional Penerjemah yang berasal dari berbagai instansi pemerintah pusat dan daerah di 14 daerah di Indonesia, mulai dari Provinsi Sumatera Utara hingga Nusa Tenggara Barat.

Selama Bimbingan Teknis, para peserta memperoleh materi mengenai penyegaran tata bahasa Inggris dan strategi serta kiat mengikuti uji kemahiran berbahasa Inggris berupa TOEFL Paper-Based Test/PBT. Materi Bimbingan Teknis disajikan oleh dua narasumber dari Universitas Nasional, yaitu Evert Haryanto Hilman, Dekan Fakultas Sastra; dan Faldy Rasyidie, Kepala Pusat Layanan Bahasa.

Setelah mengikuti Bimbingan Teknis, para peserta diharapkan dapat mengidentifikasi titik kekuatan dan kelemahan kemahiran berbahasa Inggris masing-masing, dan memanfaatkan waktu yang tersisa sebelum uji kompetensi untuk melakukan persiapan yang matang agar dapat lulus nantinya. Uji kompetensi merupakan persyaratan bagi Pejabat Fungsional Penerjemah untuk naik jenjang jabatan penerjemah.

Sejak menjadi Instansi Pembina, Sekretariat Kabinet telah menyelenggarakan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi Pejabat Fungsional Penerjemah, seperti diklat teknis dan bimbingan teknis di berbagai kota di Indonesia. Menjelang penyelenggaraan uji kompetensi pada tahun 2018, Bimbingan Teknis dengan topik kemahiran berbahasa direncanakan akan kembali diselenggarakan.

Melalui Bimbingan Teknis ini, Sekretariat Kabinet mengharapkan dapat membantu peningkatan kemahiran berbahasa Inggris para Pejabat Fungsional Penerjemah dalam rangka peningkatan kualitas penerjemahan mereka dan untuk menghadapi Uji Kompetensi Penerjemah pada tahun 2018.

Siapa Penerjemah

Penerjemah adalah PNS yang diberikan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan penerjemahan tulis maupun lisan, penyusunan naskah bahan penerjemahan, serta pengalihaksaraan dan penerjemahan teks naskah kuno/arsip kuno/prasasti dalam lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.

Instansi Pembina

Jabatan Fungsional Penerjemah

Asisten Deputi Naskah dan Terjemahan
Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet
Sekretariat Kabinet
Republik Indonesia

Alamat : Gedung 3 Lantai Basement
Jl. Veteran No. 18 Jakarta Pusat 10110
CP : Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah:
Conakry Marsono
Indriawaty
Syarif Hidayatullah
Nurmeilawati, S.S., M.M.
Telephone : +6221-3864816
FAX : +6221-3864816
E-mail : jf_penerjemah@setkab.go.id