Pejabat Fungsional Penerjemah Dukung Penyelenggaraan Annual Meetings of IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali

Oleh : Syarif Hidayatullah, S.S., MALLC. • 2018-10-18 09:34:33

 

Pejabat Fungsional Penerjemah turut mendukung Annual Meetings of IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali, pada tanggal 7 s.d. 15 Oktober 2018. Sebanyak delapan orang penerjemah dari dua instansi pemerintah telah mendukung kegiatan penerjemahan tulis pada Indonesia Communication Center – ICOM. Kedelapan penerjemah itu adalah M. Ersan Pamungkas, S.S., M.A., Mia Medyana Bonaedy, S.Hum. M.A., Muhardi, S.S., dan Rany Anjany Subachrum, S. Hum. Dari Sekretariat Kabinet,  dan Filmon Leonard W, S.S., M.Com, Penni Patmawati Rusman, S.S., Erik Limantara, S.S., dan Siti Chodijah, S.Hum. dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sejumlah tugas penerjemahan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris dan sebaliknya di antaranya menerjemahkan artikel berita, siaran pers, feature, panduan media, infografis, subtitle, dan pidato Presiden saat membuka Rapat Pleno Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018. Terjemahan tersebut kemudian diunggah di laman www.infopublik.id.

Selain untuk mendukung suksesnya pertemuan internasional tersebut, penugasan para penerjemah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman praktik penerjemahan di forum internasional dan memperluas cakrawala pengetahuan mereka. Partisipasi mereka juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri akan potensi dan kemampuan mereka di bidang penerjemahan.

Menimbang besarnya manfaat dari penugasan para penerjemah, maka Sekretariat Kabinet selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah akan terus bekerja sama dengan instansi terkait guna mendukung pertemuan internasional di Indonesia. Dengan demikian, kesempatan untuk menimba pengalaman, mengasah kemampuan, dan sekaligus berkontribusi dalam pertemuan internasional akan dapat terbuka bagi para Pejabat Fungsional Penerjemah lain dariseluruhIndonesia.

Siapa Penerjemah

Penerjemah adalah PNS yang diberikan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan penerjemahan tulis maupun lisan, penyusunan naskah bahan penerjemahan, serta pengalihaksaraan dan penerjemahan teks naskah kuno/arsip kuno/prasasti dalam lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.

Instansi Pembina

Jabatan Fungsional Penerjemah

Asisten Deputi Naskah dan Terjemahan
Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet
Sekretariat Kabinet
Republik Indonesia

Alamat : Gedung 3 Lantai Basement
Jl. Veteran No. 18 Jakarta Pusat 10110
CP : Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah:
Conakry Marsono
Indriawaty
Syarif Hidayatullah
Nurmeilawati, S.S., M.M.
Telephone : +6221-3864816
FAX : +6221-3864816
E-mail : [email protected]