Bimbingan Teknis Pengembangan Karier Pejabat Fungsional Penerjemah, Bogor, 22 November 2018

Oleh : Syarif Hidayatullah, S.S., MALLC. • 2018-11-27 16:45:55

 

Sekretariat Kabinet (Setkab), selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah, telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Karier Pejabat Fungsional Penerjemah di Bogor pada tanggal 22 November 2018. Acara yang dibuka Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK), Yuli Harsono, menghadirkan dua narasumber dan diikuti 81Pejabat Fungsional Penerjemah dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutan pembukaan, Deputi DKK menyampaikan bahwa pembinaan Jabatan Fungsional Penerjemah (JFP) dilaksanakan dengan visi “Membentuk Pejabat Fungsional Penerjemah yang Profesional, berdedikasi pada instansi asal, serta berbakti pada bangsa dan negara”. Untuk itu, Setkab telah melaksanakan sejumlah kegiatan pelatihan PFP, pengembangan JFP, dan pemberdayaan PFP sejak tahun 2016.

Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan (Asdep Naster) Setkab, Eko Harnowo, memandu diskusi panel dengan narasumber Asisten Deputi Standardisasi Jabatan dan Pengembangan Karir, Kementerian PAN RB, Aba Subagja; dan Direktur ASN BKN Herman. Kedua narasumber menyampaikan pokok kebijakan baru di bidang kepegawaian yang memberikan peluang bagi pengembangan karier para Pejabat Fungsional Penerjemah, seperti Batas Usia Pensiun 65 tahun bagi Penerjemah Ahli Utama dan terbukanya kesempatan mengikuti open bidding jabatan struktural.

Pada sesi pembahasan organisasi profesi yang dipandu Asdep Naster, peserta Bimtek telah mengukir sejarah bagi JFP dengan melakukan pemilihan pengurus baru Ikatan Penerjemah Pemerintah Indonesia (IPPI). Dari 3 calon laki-laki dan 1 calon perempuan, akhirnya terpilih Yanos Okterano, Penerjemah pada Kementerian Hukum dan HAM, sebagai Ketua IPPI periode 2018-2020; dan Novri Helmawan, Penerjemah pada Dewan Perwakilan Rakyat, sebagai Sekretaris Jenderal.

Pemilihan difasilitasi Ketua IPPI periode sebelumnya, Muhardi dari Sekretariat Kabinet, dan Sekjen Yohanes Libudoni dari Mahkamah Agung. Pemilihan didahului penyampaian visi dan misi para calon ketua, yang direkam video dan disebarkan melalui jaringan media sosial kepada PFP di seluruh Indonesia. Dari 172 PFP yang ada, telah ikut memilih 149 PFP, termasuk 73 PFP yang mengikuti Bimtek. Organisasi ini diharapkan akan menjadi mitra Instansi Pembina dalam memajukan Jabatan Fungsional Penerjemah dalam rangka berkontribusi bagi pencapaian kepentingan nasional Indonesia.

Acara Bimtek diakhiri dengan pelantikan pengurus baru IPPI oleh Deputi DKK, penyampaian sambutan singkat Ketua IPPI, dan foto bersama para pejabat Setkab, narasumber dan seluruh peserta Bimtek.

Siapa Penerjemah

Penerjemah adalah PNS yang diberikan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan penerjemahan tulis maupun lisan, penyusunan naskah bahan penerjemahan, serta pengalihaksaraan dan penerjemahan teks naskah kuno/arsip kuno/prasasti dalam lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.

Instansi Pembina

Jabatan Fungsional Penerjemah

Asisten Deputi Naskah dan Terjemahan
Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet
Sekretariat Kabinet
Republik Indonesia

Alamat : Gedung 3 Lantai Basement
Jl. Veteran No. 18 Jakarta Pusat 10110
CP : Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah:
Conakry Marsono
Indriawaty
Syarif Hidayatullah
Nurmeilawati, S.S., M.M.
Telephone : +6221-3864816
FAX : +6221-3864816
E-mail : [email protected]