Pendahuluan

SEKAPUR SIRIH

(Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet)

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan perkenan-Nya, para penerjemah di lingkungan Pegawai Negeri Sipil telah memiliki wadah karier melalui Jabatan Fungsional Penerjemah (JFP).

Pada awal tahun 2016 ini, Sekretariat Kabinet telah resmi menjadi Instansi Pembina JFP setelah diundangkannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Jabatan Fungsional Penerjemah. Sebelumnya, tugas sebagai Instansi Pembina JFP diemban oleh Kementerian Sekretariat Negara sejak tahun 2006.

Kami menyambut gembira dan sangat bersyukur atas hal ini. Kami juga memiliki komitmen yang besar untuk pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah dan melaksanakan tugas-tugas Sekretariat Kabinet sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah.

Dengan telah ditetapkannya Sekretariat Kabinet sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah, maka seluruh tugas-tugas sebagai Instansi Pembina akan dilaksanakan oleh Sekretariat Kabinet, yang sebelumnya dilaksanakan oleh Kementerian Sekretariat Negara.

Pejabat Fungsional Penerjemah yang memiliki keahlian di bidang penerjemahan akan dapat mengembangkan kariernya hingga jenjang tertinggi melalui jalur Jabatan Fungsional Penerjemah. Tenaga penerjemah tersebut sangat diharapkan dapat memberikan layanan penerjemahan, baik tulis maupun lisan, secara profesional di instansinya masing-masing, baik di instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Sekretariat Kabinet juga akan terus mendukung peningkatan kompetensi para Pejabat Fungsional Penerjemah melalui penyelenggaraan berbagai pelatihan, seperti diklat fungsional maupun diklat teknis, baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk mengembangkan pengalaman penerjemahannya, para penerjemah juga kami tugaskan untuk mendukung kegiatan penerjemahan pada berbagai konferensi internasional di Indonesia.

Dengan demikian, Jabatan Fungsional Penerjemah diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan karier para Pejabat Fungsional Penerjemah dan bagi peningkatan peran pemerintah dalam memajukan bangsa dan negara yang kita cintai bersama, Indonesia.

 

Jakarta,  Agustus 2016

Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet,

                                                                                Sekretariat Kabinet,

 

 

                                                                                Dr. Yuli Harsono, S.H., L.L.M.

Siapa Penerjemah

Penerjemah adalah PNS yang diberikan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan penerjemahan tulis maupun lisan, penyusunan naskah bahan penerjemahan, serta pengalihaksaraan dan penerjemahan teks naskah kuno/arsip kuno/prasasti dalam lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.

Instansi Pembina

Jabatan Fungsional Penerjemah

Asisten Deputi Naskah dan Terjemahan
Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet
Sekretariat Kabinet
Republik Indonesia

Alamat : Gedung 3 Lantai Basement
Jl. Veteran No. 18 Jakarta Pusat 10110
CP : Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah:
Conakry Marsono
Indriawaty
Syarif Hidayatullah
Nurmeilawati, S.S., M.M.
Telephone : +6221-3864816
FAX : +6221-3864816
E-mail : [email protected]