31 Agustus 2021

Sekretariat Kabinet melalui Pusat Pembinaan Penerjemah (Pusbinter) kembali melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Penerjemah (JFP) Tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung secara daring pada tanggal 30 Agustus s.d. 3 September 2021 dan diikuti oleh 22 (dua puluh dua) Pejabat Fungsional Penerjemah (PFP) dari instansi pemerintah pusat dan daerah.

Kapusbinter, Sri Wahyu Utami, mewakili Deputi Bidang Administrasi, Farid Utomo, membuka kegiatan Uji Kompetensi JFP tersebut. 'Alhamdulillah, Uji Kompetensi ini merupakan kali kedua yang kami selenggarakan pada tahun 2021 untuk memfasilitasi Pejabat Fungsional Penerjemah yang diprediksikan akan naik jabatan pada tahun 2022 mendatang', kata Ibu Sri Wahyu Utami.

Kapusbinter menekankan bahwa materi uji kompetensi didesain untuk disesuaikan dengan pelaksanaan tugas keseharian PFP, yang terdiri atas ujian wajib dan ujian pilihan. Ujian wajib terdiri atas uji penerjemahan surat pemerintahan dan artikel website instansi pemerintah, sedangkan ujian pilihan terdiri atas penerjemahan naskah hukum pemerintahan, karya sastra, dan karya ilmiah. Para PFP dapat memilih salah satu dari tiga pilihan tersebut sesuai dengan pelaksanaan tugas masing-masing.

Uji Kompetensi JFP ini juga membuka kesempatan untuk PFP dengan latar belakang bahasa asing non Inggris untuk mengikuti uji penerjemahan tulis dari bahasa Indonesia ke bahasa asing yang dikuasai, yaitu bahasa Arab, Belanda, Jepang, dan Prancis. 

Seluruh pembaruan tersebut bertujuan untuk lebih menyesuaikan konten uji kompetensi dengan realitas pelaksanaan tugas PFP dan sekaligus mendorong PFP tetap mempertahankan dan meningkatkan penguasaan bahasa asing non Inggris, yang memang dikuasai sejak bergabung menjadi penerjemah, ujar Kapusbinter.

Narasumber pertama adalah Ibu Kity Karenisa, yang memberikan pendalaman materi tentang Kaidah Bahasa Indonesia. 

Ibu Atikah Solihah yang menjadi narasumber selanjutnya, menyampaikan Pengenalan Materi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Paparan yang disampaikan lebih banyak memberikan tips, trik, dan manajemen waktu dalam menyelesaikan soal-soal yang akan diujikan. (FNH)







Goverment Public Relations (GPR)