Sekretaris Kabinet Luncurkan Situs Web dan Aplikasi Jabatan Fungsional Penerjemah Untuk Penguatan Eksistensi Pejabat Fungsional Penerjemah



Sekretaris Kabinet Luncurkan Situs Web dan Aplikasi Jabatan Fungsional Penerjemah  Untuk Penguatan Eksistensi Pejabat Fungsional Penerjemah
Sekretaris Kabinet didampingi pejabat terkait dan TIm Pengelolaan dan Pengembangan Jabatan Fungsional Penerjemah (PPJFP) saat peluncuran situs web dan aplikasi JFP di ruang rapat Seskab, Gedung III Kemensetneg, Jakarta Pusat, Selasa (14/7). (Foto: Humas/Rahmat)
15 Juli 2020

Jakarta. 14 Juli 2020, menjadi hari yang bersejarah bagi Sekretariat Kabinet selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah (JFP) dan bagi para Pejabat Fungsional Penerjemah (PFP), dengan diluncurkannya situs web dan aplikasi JFP dalam rangka mempermudah para PFP dan khalayak umum untuk memperoleh informasi tentang JFP. Situs web dan aplikasi JFP diluncurkan secara resmi oleh Sekretaris Kabinet RI, Bapak Pramono Anung secara daring dengan disaksikan oleh para Pejabat Tinggi di lingkungan Sekretariat Kabinet, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, selaku mitra Sekretariat Kabinet dalam pembuatan situs web dan aplikasi JFP, dan berbagai instansi lain. Selain itu, acara tersebut juga diikuti oleh para PFP baik pusat maupun daerah, serta para pendiri JFP.

Situs web dan aplikasi JFP merupakan wujud nyata pelaksanaan tugas Instansi Pembina JFP, yang salah satunya adalah pengembangan sistem informasi. Situs web dan aplikasi JFP memuat berbagai informasi penting yang diperlukan oleh PFP dan khalayak umum, antara lain profil lengkap PFP, penilaian kinerja PFP, glosarium penerjemahan, jurnal penerjemahan, agenda kegiatan instansi pembina, dan penyebaran jumlah PFP. Dalam situs web dan aplikasi JFP tersebut juga tersedia fitur chat yang memudahkan semua pengunjung situs web untuk dapat berkomunikasi langsung dengan instansi pembina terkait informasi seputar JFP.

Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet dalam laporannya menyampaikan apresiasi atas kerja Tim Sekretariat Kabinet dan BAKTI, Kominfo atas upaya, komitmen, dan dedikasi yang tinggi pada pembangunan situs web dan aplikasi JFP tersebut. Situs web dan aplikasi JFP merupakan digitalisasi basis data PFP dalam rangka mempercepat proses penyelenggaraan pembinaan PFP.

Dalam sambutannya, Sekretaris Kabinet menyampaikan pesan bahwa tantangan bangsa ke depan akan semakin kompleks, persaingan antarnegara, antarindividu semakin ketat, akan banyak sektor di masa mendatang yang membutuhkan peran penerjemah. Oleh karena itu, seorang penerjemah harus terus memiliki kepekaan terhadap perkembangan zaman, tidak terjebak pada zona nyaman, dan tidak bosan untuk senantiasa belaja dalam rangka memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.







Goverment Public Relations (GPR)