03 Oktober 2022

Dalam rangka meningkatkan pembinaan JFP, Pusbinter melakukan kunjungan kerja ke kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) pada hari Jum’at tanggal 30 September 2022.  Tim Pusbinter dipimpin oleh Ibu Indrawaty, Kepala Bidang Perogram dan Pengembangan, dalam rangka memantau pembinaan PFP di lingkungan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DI Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut, Tim Pusbinter disambut oleh Kepala DPAD DIY, Ibu Dra. Monika Nur Listiyani, M.M. dan Bapak Drs. Martono Heri Prasetyo, M.Si., Sekretaris DPAD DIY.

Ibu Monika manyampaikan bahwa DPAD hanya memiliki 2 calon penerjemah yang memiliki tugas yang sangat banyak untuk mengalihaksarakan dan menerjemahan naskah kuno/arsip kuno dan meminta dukungan Pusat Pembinaan Penerjemah dalam penguatan penerjemah Bahasa Belanda dan Bahasa Jawa. DPAD mempunyai koleksi berbagai naskah langka lebih kurang 23.000 naskah yang sebagian besar beraksara jawa dan berbahasa Belanda. 

DPAD sudah rutin melaksanakan kegiatan alihaksara, alih bahasa, dan alih media sejak tahun 2017 yang dilakukan oleh arsiparis. Lebih lanjnut, DPAD juga memiliki kewajiban melakukan pengelolaan arsip dan pustaka yang ada di Keraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman Yogyakarta, sehingga sangat dibutuhkan penambahan penerjemah di DPAD DIY. Oleh karena itu, Pusat pembinaan penerjemah sangat mendukung usulan penambahan penerjemah di DPAD DIY karena peran penerjemah sangat dibutuhkan dalam pengalihaksaraan dan penerjemahan arsip kuno/naskah kuno.

Di sela pertemuan, Tim Pusbinter diperlihatkan ruangan diorama Sejarah Perjalanan Bangsa Indonesia, terutama sejarah Yogyakarta, dari masa ke masa yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni, dan teknologi (HSR/I).







Goverment Public Relations (GPR)