02 Juli 2020

Syarat pendaftaran penyesuaian/inpassing calon Pejabat Fungsional Penerjemah:

  1. Berijazah sekurang-kurangnya S1/DIV;
  2. Pangkat paling rendah Penata Muda, golongan ruang III/a; dan
  3. Memiliki pengalaman dalam pelaksanaan tugas di bidang penerjemahan paling kurang 2 (dua) tahun;
  4. Nilai prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir
  5. Usia paling tinggi 55 (lima puluh lima) tahun untuk Penerjemah Ahli Pertama dan Ahli Muda dan 57 (lima puluh tujuh) tahun untuk Penerjemah Ahli Madya dan Ahli Utama;
  6. Telah dan masih melaksanakan tugas di bidang penerjemahan sejak ditetapkannya PERMENPAN Nomor 49 Tahun 2014, yaitu 16 Oktober 2016;
  7. Sehat jasmani dan rohani dan dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.

Berkas pendaftaran penyesuaian/inpassing calon Pejabat Fungsional Penerjemah:

  1. Surat pengantar dari instansi;
  2. Biodata calon Pejabat Fungsional Penerjemah;
  3. Salinan ijazah pendidikan tinggi yang dilegalisasi;
  4. Salinan Surat Keputusan CPNS hingga SK jabatan/pangkat terakhir yang dilegalisir;
  5. Semua Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang dilegalisasi;
  6. Surat Keterangan Melaksanakan Tugas Penerjemahan yang ditandatangani oleh pimpinan, serendah-rendahnya, Pejabat Eselon III;
  7. Portofolio hasil penerjemahan yang telah dilaksanakan dan dilegalisasi oleh pimpinan, serendah-rendahnya pejabat Eselon III;
  8. Salinan TOEFL/IELTS atau hasil tes pengukuran penguasaan bahasa asing/daerah lainnya;
  9. Sertifikat keikutsertaan dalam diklat/kursus dalam bidang bahasa/penerjemahan (bila ada);
  10. Surat Pernyataan bersedia tidak rangkap jabatan fungsional penerjemah, tidak rangkap jabatan dalam jabatan fungsional lainnya, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas di bidang penerjemahan;
  11. Surat pernyataan masih dan telah menjalankan tugas di bidang penerjemahan paling kurang 2 tahun;
  12. Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah.

Prosedur penyesuaian/inpassing

  1. PNS yang berminat mengembangkan karier melalui Jabatan Fungsional Penerjemah mengisi formulir biodata dan melengkapi berkas yang diperlukan sebagaimana disebutkan dalam butir 3;
  2. Berkas yang telah lengkap diajukan kepada atasan (Kepala Unit Kerja);
  3. Jika disetujui oleh atasan, maka atasan yang bersangkutan menyampaikan berkas tersebut kepada Unit Kepegawaian Instansi atau Badan Kepegawaian Daerah;
  4. Unit Kepegawaian Instansi atau Badan Kepegawaian Daerah melakukan verifikasi berkas dan mengirimkan berkas calon Pejabat Fungsional Penerjemah yang telah disetujui kepada Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah. Berkas tersebut disampaikan kepada:

Asisten Deputi Bidang Naskah dan Terjemahan

Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet

Sekretariat Kabinet

Jl. Veteran No. 18 Jakarta 10110

Telp dan fax: 021 386-4816

KATEGORI