SEKRETARIAT KABINET MERANGKUL SINGAPURA TINGKATKAN KOMPETENSI PENERJEMAH PEMERINTAH

SEKRETARIAT KABINET MERANGKUL SINGAPURA TINGKATKAN KOMPETENSI PENERJEMAH PEMERINTAH

...

  • Selasa, 20 Juni 2023 pukul 14.16
  • Pusbinter
  • Dilihat 165 kali

Sekretariat Kabinet melalui Pusat Pembinaan Penerjemah (Pusbinter) bekerja sama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Language Centre (SEAMEO RELC) menyelenggarakan pelatihan Komunikasi bagi Penerjemah Pemerintah (English Language and Communication Skills Course for Indonesia Government Translators/Interpreters) Tahun 2023 di Singapura mulai tanggal 19 sampai dengan 26 Juni 2023.

Acara pembukaan pelatihan yang dilaksanakan pada hari Senin, 19 Juni 2023, dihadiri oleh delegasi dari Sekretariat Kabinet yang dipimpin oleh Kepala Pusbinter, Sri Wahyu Utami, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Kedutaan Besar Republik Indonesia (Dubes LBBP KBRI) di Singapura, Suryopratomo beserta jajarannya, tim pengajar dan manajemen SEAMEO RELC, serta para peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Bapak Dubes LBBP KBRI, Suryopratomo menyampaikan bahwa penerjemah mempunyai peran yang sangat penting dalam menjembatani komunikasi dari dua Bahasa yang berbeda. Penerjemah juga harus dapat bekerja di bawah tekanan karena dituntut memberikan terjemahan yang tepat dan akurat dalam waktu yang singkat. Pelatihan penerjemahan di luar negeri akan memberikan dampak yang baik bagi hubungan antarnegara dan pertukaran budaya.

Keenam peserta yang mengikuti pelatihan ini dipilih dari hasil seleksi para tiga besar peserta terbaik pelatihan teknis fungsional yang diselenggarakan oleh Pusbinter dalam kurun tahun 2020 sampai dengan tahun 2022, yang berasal dari Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Pusat Statistik, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Materi pelatihan dirancang dengan tailor made system yang sudah menyesuaikan dengan target pengembangan kompetensi dari Pusbinter dan kebutuhan pekerjaan dari Pejabat Fungsional Penerjemah (PFP), dan disampaikan oleh para pengajar profesional dan berpengalaman dari SEAMEO RELC (Tim Pusbinter).

Kritik & Saran

Aplikasi Mobile e-JFP

Sistem aplikasi jabatan fungsional penerjemah (e-JFP) dari Sekretariat Kabinet selaku pembina jabatan fungsional penerjemah.

Download Sekarang !