OPTIMALISASI PEMANFAATAN JFP DAN WEB/APLIKASI e-JFP, PUSBINTER LAKSANAKAN SOSIALISASI KE BKD PEMPROV YOGYAKARTA

OPTIMALISASI PEMANFAATAN JFP DAN WEB/APLIKASI e-JFP, PUSBINTER LAKSANAKAN SOSIALISASI KE BKD PEMPROV YOGYAKARTA

Optimalisasi Pemanfaatan Jfp Dan Web/aplikasi E-jfp, Pusbinter Laksanakan Sosialisasi Ke Bkd Pemprov Yogyakarta

  • Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 10.58
  • Pusbinter
  • Dilihat 191 kali

Pusbinter menyelenggarakan Sosialisasi Jabatan Fungsional Penerjemah (JFP) dan Web/Aplikasi e-JFP pada hari Jum’at tanggal 30 September 2022 bertempat di Kantor BKD Pemprov D.I. Yogyakarta. Tim sosialisasi yang dipimpin oleh Bapak Tarmuji bertujuan untuk memperkenalkan dan menginformasikan lebih dalam terkait JFP, Pembinaan JFP dan sistem informasi (web dan aplikasi e-JFP) di lingkungan BKD Pemprov D.I. Yogyakarta. 
Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Pemprov D.I. Yogyakarta Bapak Poniran mewakili Kepala BKD Pemprov D.I. Yogyakarta dan dihadiri oleh Pejabat/pegawai BKD Pemprov D.I. Yogyakarta, Pejabat/pegawai Dinas Perizinan dan Penanaman Modal, serta Pejabat Fungsional Penerjemah (PFP).
Dalam sambutannya, Bapak Poniran menyampaikan bahwa forum seperti ini sangat baik diadakan untuk  membuka komunikasi dan meningkatkan koordinasi antara BKD, Instansi Pengguna dan PFP dengan Pusbinter, sehingga pembinaan JFP dapat dilakukan dengan lebih efektif.
BKD Pemprov D.I. Yogyakarta perlu dukungan Pusbinter untuk terus mendorong dalam peningkatan jenjang karier dan kompetensi JFP, karena JFP termasuk langka dan harus dipertahankan karena sangat dibutuhkan di masa mendatang, dan menjadi core bisnis bagi ASN, imbuh Bapak Poniran.
Lebih lanjut Bapak Poniran menambahkan, bahwa BKD Pemprov D.I. Yogyakarta berkomitmen bersama dengan Biro Organisasi akan menghitung kembali beban kerja untuk memenuhi formasi kebutuhan tenaga penerjemah, khususnya di Dinas Perizinan dan Penanaman Modal.
Sementara itu, Kepala Bagian TU Pusbinter Bapak Tarmuji menyampaikan bahwa Pusbinter selaku Instansi Pembina JFP berkewajiban dan mempunyai tanggung jawab untuk menyempurnakan kebijakan pembinaan dan pelayanan JFP sehingga PFP semakin meningkat kompetensinya, profesional dan meningkat jenjang kariernya.
Jumlah PFP sampai saat ini masih terbatas, namun mengingat peran strategis Penerjemah, Pusbinter meyakini bahwa  ke depan jumlah PFP akan meningkat jumlahnya seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga penerjemahan.
Pusbinter berkomitmen dan mendorong instansi pusat dan daerah untuk memanfaatkan JFP dalam mendukung dan memperlancar berbagai sektor pembangunan baik investasi, perdagangan, pariwisata dan lainnya,  ujar Kepala Bagian TU.
Pusbinter berupaya secara optimal untuk mengembangkan PFP melalui diklat, bimtek dan pelibatan PFP dalam kegiatan penerjemahan, baik di tingkat nasional maupun internasional, agar kompetensi dan profesionalitas PFP semakin meningkat. 
Di sisi lain, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bagi PFP, Pusbinter tengah mempersiapkan draft usulan penyesuaian tunjangan JFP. Diharapkan dengan adanya penyesuaian tunjangan JFP tersebut, nantinya JFP semakin diminati dan para PFP semakin meningkat kinerjanya, pungkas Bapak Tarmuji.
Dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan paparan oleh 2 (dua) orang pejabat Pusbinter yang dilanjutkan dengan diskusi (HSR/TAR)

Kritik & Saran

Aplikasi Mobile e-JFP

Sistem aplikasi jabatan fungsional penerjemah (e-JFP) dari Sekretariat Kabinet selaku pembina jabatan fungsional penerjemah.

Download Sekarang !