Pusbinter SetKab Selenggarakan Pelatihan Teknis Penerjemahan Teks Jurnalistik Angkatan III Tahun 2024

Pusbinter SetKab Selenggarakan Pelatihan Teknis Penerjemahan Teks Jurnalistik Angkatan III Tahun 2024

Deputi Bidang Administrasi Menyampaikan Sambutan Pada Pelatihan Teknis Penerjemahan Teks Jurnalistik Angkatan Iii Tahun 2024 Secara Daring (kamis, 29082024)

  • Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 14.28
  • Pusbinter
  • Dilihat 114 kali

Sebanyak 20 orang penerjemah mengikuti Pelatihan Teknis Penerjemahan Teks Jurnalistik Angkatan III Tahun 2024 dari tanggal 29 Agustus – 5 September 2024 secara daring yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Penerjemah

Pelatihan diawali dengan sambutan dan sekaligus dibuka secara resmi oleh Thanon Aria Dewangga, Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Kabinet, dihadiri oleh sebanyak 50 orang terdiri dari para penerjemah, pimpinan Instansi pengguna penerjemah, dan pejabat/pegawai di lingkungan Sekretariat Kabinet.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Administrasi menyampaikan bahwa seorang penerjemah harus memahami kaidah-kaidah umum dalam dunia jurnalistik, antara lain: berita harus sesuai fakta dan netral, kalimat yang efektif dan singkat, penulisan mengikuti prinsip 5 W 1 H, menggunakan struktur piramida terbalik, dan pemilihan diksi yang sederhana dan menarik.

Saat ini, teknologi Artificial Intelligent telah membuat kemajuan yang luar biasa dalam bidang penerjemahan, sehingga perlu proses penyuntingan dari penerjemah untuk memastikan akurasi dan kualitas terjemahan. Disisi lain, AI menjadi fasilitas pendukung bagi Penerjemah untuk terus meningkatkan kompetensi di bidang penerjemahan tulis dan lisan, jelas Deputi.

Di akhir sambutannya, Deputi Bidang Administrasi mengapresiasi yang tinggi kepada Pusat Pembina Penerjemah Setkab, yang terus memberikan pelayanan terbaik kepada JF Penerjemah, dan secara terus-menerus kegiatan2 seperti ini dilaksanakan secara konsisten untuk peningkatan kompetensi penerjemah. Deputi Bidang Administrasi juga mengapresiasi Kepada penerjemah yang selalu antusias mengikuti kegiatan2 peningkatan kompetensi,

Pelatihan Teknis Teks Jurnalistik kali ini menghadirkan pembicara utama Ibu Fifi Aleyda Yahya, Jurnalis Senior PT. Media Televisi Indonesia) dengan tema "Strategi Penerjemahan Berita dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Terjemahan". (HSR).

Kritik & Saran

Aplikasi Mobile e-JFP

Sistem aplikasi jabatan fungsional penerjemah (e-JFP) dari Sekretariat Kabinet selaku pembina jabatan fungsional penerjemah.

Download Sekarang !