AKHIRI KUNJUNGAN KERJA DI JEPANG: TIM PUSBINTER SEKRETARIAT KABINET KUNJUNGI OSAKA UNIVERSITY OF INTERNATIONAL STUDIES DAN KONSULAT JENDERAL RI DI OSAKA

AKHIRI KUNJUNGAN KERJA DI JEPANG: TIM PUSBINTER SEKRETARIAT KABINET KUNJUNGI OSAKA UNIVERSITY OF INTERNATIONAL STUDIES DAN KONSULAT JENDERAL RI DI OSAKA

  • Selasa, 16 Mei 2023 pukul 15.03
  • Pusbinter
  • Dilihat 305 kali

Kunjungan kerja selanjutnya oleh Tim Pusbinter dilaksanakan di Osaka University of International Studies (OUIS) pada Jumat, 12 Mei 2023. Rombongan diterima oleh Bapak Clement Angkawidjaja, Warga Negara Indonesia yang telah menjadi pengajar senior pada OUIS beserta tim. Dalam kunjungan ke OUIS, Tim Pusbinter didampingi oleh Pejabat Konsulat Jenderal RI di Osaka yang dipimpin oleh Bapak Andi Laksmana.

Dalam kunjungan ke OUIS tersebut, Ibu Sri Wahyu Utami menyampaikan pentingnya pengenalan bahasa dan budaya masing-masing negara sebagai salah satu kunci keberhasilan komunikasi dan hubungan antarbangsa. Penerjemah yang andal adalah yang mampu menjadi jembatan komunikasi antarbangsa, dan membuat dua pihak yang berbeda bangsa dan bahasa saling memahami satu sama lain dengan baik.

Ibu Sri Wahyu Utami menyampaikan, “Pusbinter telah menyusun program pelatihan yang melibatkan penutur jati bahasa asing, di antaranya bahasa Jepang. Kami berusaha menghadirkan penutur jati bahasa asing agar Penerjemah mendapatkan pengalaman komunikasi dan interaksi langsung dengan penutur jati bahasa asing.”

Pada kesempatan tersebut, Kapusbinter menyampaikan harapan agar Sekretariat Kabinet dapat menjalin kerja sama dengan OUIS dalam rangka peningkatan kapasitas Pejabat Fungsional Penerjemah. Di lain pihak, Bapak Clement Angkawidjaja menyampaikan apresiasi atas kunjungan Tim Pusbinter dan berharap kerja sama antara OUIS dengan Sekretariat Kabinet dapat terwujud. Setelah kunjungan kerja di OUIS, Tim Pusbinter melanjutkan kunjungan kerja ke kantor KJRI di Osaka.

Dalam kunjungan tersebut, Ibu Sri Wahyu Utami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan KJRI dalam berkoordinasi dengan perguruan tinggi di Kyoto dan Osaka. 

Selanjutnya, Kapusbinter juga menyampaikan harapan agar KJRI dapat mendukung dan membantu koordinasi dan pelaksanaan program kerja sama antara Sekretariat Kabinet dengan perguruan tinggi di Kyoto dan Osaka. 

Pada kunjungan tersebut, Tim Pusbinter diterima langsung oleh Konsul Jenderal RI di Osaka, Ibu Diana Emilla Sari Sutikno. Ibu Konjen memberikan apresiasi tinggi atas kunjungan Tim Pusbinter di KJRI Osaka dan menyatakan siap untuk memberikan dukungan kepada Pusbinter guna melaksanakan peningkatan kapasitas PFP di Jepang (NUR/HSR).

Kritik & Saran

Aplikasi Mobile e-JFP

Sistem aplikasi jabatan fungsional penerjemah (e-JFP) dari Sekretariat Kabinet selaku pembina jabatan fungsional penerjemah.

Download Sekarang !