KEPALA PUSAT PEMBINAAN PENERJEMAH PIMPIN KUNJUNGAN KERJA KE KYOTO INSTITUTE OF CULTURE AND LANGUAGES

KEPALA PUSAT PEMBINAAN PENERJEMAH PIMPIN KUNJUNGAN KERJA KE KYOTO INSTITUTE OF CULTURE AND LANGUAGES

Kunjungan Kerja Pusat Pembinaan Penerjemah Dalam Rangka Penjajakan Kerja Sama Ke Kyoto Institute Of Culture And Languages (kicl), Jepang Pada Kamis, 11 Mei 2023. (foto Dok Pusbinter)

  • Jumat, 12 Mei 2023 pukul 07.57
  • Pusbinter
  • Dilihat 236 kali

Kepala Pusat Pembinaan Penerjemah, Ibu Sri Wahyu Utami, pimpin tim Pusbinter dalam kunjungan kerja di Kyoto, Jepang untuk melaksanakan penjajakan kerja sama dengan Kyoto Institute of Culture and Languages (KICL) dan diterima oleh Bapak Shinggo Nakagawa, Dosen KICL pada Kamis, 11 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pembinaan Penerjemah menyampaikan pentingnya pengenalan bahasa dan budaya masing-masing negara sebagai salah satu kunci keberhasilan komunikasi dan hubungan antarbangsa. Penerjemah yang andal, adalah penerjemah yang tidak hanya memahami bahasa asing yang dikuasainya, akan tetapi juga memahami budaya dan kerangka berpikirnya.

Guna membentuk penerjemah yang andal, salah satu cara yang efektif adalah melalui penugasan penerjemah ke negara yang merupakan penutur jati bahasa asing yang dikuasainya, sehingga penerjemah langsung dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara intens dengan penutur jati.

Kapusbinter menyampaikan harapan agar Sekretariat Kabinet dapat bekerja sama dengan KICL dalam pengembangan kapasitas penerjemah melalui short courses, magang, atau keterlibatan dosen Kyoto Institute of Culture and Languages dalam program pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusbinter.

Sementara itu, perwakilan Kyoto Institute of Culture and Language, Bapak Shinggo Nakagawa menyampaikan rasa hormat dan bangga atas kunjungan kerja Tim Sekretariat Kabinet.

Lebih lanjut, Bapak Shinggo Nakagawa juga menyambut baik rencana kerja sama yang diinisiasi oleh Sekretariat Kabinet dan berharap dapat bersama-sama merancang pelatihan sesuai dengan kebutuhan para Penerjemah bahasa Jepang di lingkungan instansi Pemerintah Indonesia. KICL sangat berpengalaman memberikan pembelajaran bahasa Jepang yang intensif dan disertai materi pengenalan budaya Jepang.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Shinggo Nakagawa juga memperkenalkan salah satu siswa KICL dari Indonesia yang diberi kesempatan untuk menjelaskan pengalamannya belajar di KICL. Selanjutnya, dalam kunjungan tersebut, Tim Sekretariat Kabinet dipandu untuk meninjau berbagai fasilitas yang sangat mendukung proses pembelajaran di KICL. (NUR/TAR)

Kritik & Saran

Aplikasi Mobile e-JFP

Sistem aplikasi jabatan fungsional penerjemah (e-JFP) dari Sekretariat Kabinet selaku pembina jabatan fungsional penerjemah.

Download Sekarang !