PENERJEMAH LISAN ANDAL DAN PROFESIONAL MERUPAKAN INVESTASI BERHARGA BAGI SUKSESNYA KOMUNIKASI DAN INFORMASI PEMERINTAH INDONESIA

PENERJEMAH LISAN ANDAL DAN PROFESIONAL MERUPAKAN INVESTASI BERHARGA BAGI SUKSESNYA KOMUNIKASI DAN INFORMASI PEMERINTAH INDONESIA

Pembukaan Diklat Teknis Penerjemah Lisan Angkatan V Tahun 2023 Oleh Plh. Deputi Bidang Administrasi Ibu Henny Navillah Secara Daring Di Kantor Pusbinter (rabu, 10052023)

  • Rabu, 10 Mei 2023 pukul 15.10
  • Pusbinter
  • Dilihat 388 kali

Guna peningkatan kualitas dan menambah wawasan pengetahuan di bidang penerjemahan lisan bagi Pejabat Fungsional Penerjemah (PFP), Pusbinter selenggarakan Diklat Teknis Penerjemahan Lisan Angkatan V tahun 2023 dari tanggal 10 s.d. 17 Mei 2023 yang dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 20 orang peserta. Pada acara pembukaan diklat, Pusbinter mengundang Pembicara utama yaitu Ibu Dr. Mariana Molnar Gabor-Warokka, S.H., M.H, praktisi penerjemahan lisan pengadilan. Acara dibuka secara resmi oleh Plh. Deputi Bidang Administrasi Ibu Henny Navilah.

Di era globalisasi, posisi penerjemah sangat strategis dalam upaya menerjemahkan berbagai dokumen berbahasa Indonesia dan asing. Penerjemahan tulis dan lisan mempunyai peran yang sangat penting dalam komunikasi antarmanusia melalui penyediaan akses terhadap teks yang penting untuk tujuan pendidikan dan keagamaan. 

Dalam sambutannya, Plh. Deputi Bidang Administrasi menyampaikan komitmen Sekretariat Kabinet untuk terus meningkatkan kompetensi penerjemah lisan melalui berbagai pelatihan yang diselenggarakan setiap tahun. Kedepannya, Pusbinter selaku Instansi Pembina Jabatan Fungsional Penerjemah berharap dapat membentuk penerjemah lisan yang kompeten, andal, dan profesional. 

Selain itu, Indonesia juga sudah dipercaya menjadi tuan rumah berbagai acara internasional, seperti KTT G20 Tahun 2022, KTT ke-42 tahun 2023, dan tahun 2024 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Bali. Oleh karena itu diperlukan dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan kegiatan berskala internasional tersebut, diantaranya adalah penerjemah lisan. Penerjemah berperan penting dalam proses pertukaran informasi yang cepat dari berbagai bahasa dan budaya. 

Diklat lisan tingkat dasar yang diselenggarakan oleh Sekretariat Kabinet setiap tahun wajib diikuti oleh semua penerjemah karena penerjemah akan dibekali pengetahuan secara teoretis dan praktik. Peserta terbaik diklat lisan dasar akan diikutsertakan dalam diklat lisan lanjutan yang akan diselenggarakan secara tatap muka karena praktik akan dilaksanakan di simultaneous interpreting booths. Teori dan praktik penerjemahan akan disampaikan dalam bahasa Inggris. 

Hadir dalam kegiatan Diklat Teknis ini antara lain: Direktur LBI UI, para pengajar diklat lisan dari LBI UI, para pejabat/pegawai di lingkungan Setkab, dan para tamu undangan (IND/HSR).

Kritik & Saran

Aplikasi Mobile e-JFP

Sistem aplikasi jabatan fungsional penerjemah (e-JFP) dari Sekretariat Kabinet selaku pembina jabatan fungsional penerjemah.

Download Sekarang !